Langsung ke konten utama

Critical Journal National Review

Tugas Mandiri Kedua (Tugas Report) Review Jurnal PSIKOLOGI PENDIDIKAN HUBUNGAN ANTARA SIKAP,KEMANDIRIAN BELAJAR,DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA Sumber jurnal BIOEDUKATIKA Disusun Sebagai Salah Satu tugas Mandiri Yang Diwajibkan Dalam mengikuti perkuliahan PSIKOLOGI PENDIDIKAN Oleh, SEBY ANJELLA 0310183147 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA TAHUN 2019 KATA PENGANTAR Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta`ala yang masih memberikan kita kesehatan sehingga dapat menyelesaikan tugas critical jurnal review ini. Tugas ini dibuat untuk memenuhi salah satu mata kuliah Psikologi Pendidikan dengan Dosen Pembimbing Dr. Mardianto, M.Pd, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam menyusun tugas ini. Saya menyadari bahwa banyak kesalahan dalam penulisan critical jurnal review ini. Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan dalam memperbaiki penulisan critical jurnal review ini dalam waktu mendatang. . Medan, 15 Mei 2019 Penulis Seby Anjella DAFTAR ISI KATA PENGANTAR 2 DAFTAR ISI 2 PENDAHULUAN 2 a.Latar belakang 2 RINGKASANJURNAL a. Identitas jurnal 2 b. Ringkasan jurnal 3 b.1 Pendahuluan 3 b.2 Kajian teori 3 b.3 Metodologi penelitian 3 b.4 Pembahasan 4 KESIMPULAN DAN SARAN 4 PENDAHULUAN Latar belakang Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara variabel sikap, kemandirian belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif biologi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Instrumen penelitian berupa angket yang digunakan untuk memperoleh data sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar siswa. Dokumentasi, digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar kognitif biologi. Pengumpulan data sikap, kemandirian, dan gaya belajar siswa dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner) kepada siswa. RINGKASAN JURNAL Identitas jurnal Judul : Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Penulis : Syamsu Rijal, Suhaedir Bachtiar. Lembaga penerbit : Jurnal BIOEDUKATIKA Lembaga penulis : Pendidikan Biologi, STKIP Puangrimaggalatung ISSN : 2338-6630 Volume Jurnal : 3 Jumlah Halaman : 15 – 20 halaman No : 2 Ringkasan jurnal Pendahuluan Proses pendidikan terdiri dari 3 unsur dasar yakni input-proses-output. Input yang dimaksud yaitu siswa dengan berbagai latar belakangnya. Proses yaitu kegiatan pembelajaran yang didalamnya mencakup pemberian dan pemahaman materi oleh guru kepada siswa.. Kajian teori Biologi merupakan pembahasan materi yang begitu kompleks membuat siswa jenuh belajar, bahkan merasa sulit untuk memahaminya. Pemberian strategi maupun metode yang telah diberikan oleh guru di kelas tidak selamanya mampu mengakomodasi kebutuhan belajar siswa. Metodologi penelitian Penelitian dilaksanakan pada semester genap, tepatnya pada bulan Januari tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone yang terdiri dari 21 rombongan belajar. Tiap rombongan belajar berjumlah 38 orang siswa, jadi total populasi dalam penelitian ini adalah 798 orang siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan random sampling. Pembahasan Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,621 dan jika dikonsultasikan pada klasifikasi besar kecilnya hubungan, maka hubungan diantara keduanya tergolong pada kategori kuat. Nilai signifikansi sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara sikap dengan pembelajaran dengan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone. KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar kognitif biologi serta terdapat hubungan positif anatara gays belajar siswa dengan hasil belajar kogntif biologi. Saran Jurnal ini sudah sangat bagus, tetapi sebaiknya penulis melengkapi kekurangan dari penulisan jurnl ini agar lebih baik lagi. Link jurnal https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+tentang+belajar+biologi&oq=#d=gs_qabs&u=%23p%3D-UnjgfiQm4wJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meme psikologi Pendidikan

Critical Book Review 2

Judul Buku ; Psikologi Pendidikan Pengarang : Dr. H. Mahmud, M.Si. Penerbit : Pustaka Setia Tahun Terbit : 2010 Kota Terbit : Bandung Tebal Buku : 376 ISI BUKU Dalam bahasa Indonesia, kata psikologi merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “psiko" dan “logi”. Psiko berasal dari kata psyche dan logi berasal dari kata logos. Psyche berarti jiwa sedangkan logos berarti ilmu. Pemaknaan secara bahasa memberikan pemahaman bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari sesuatu yang bersifat abstrak, yaitu jiwa. Pendidikan merupakan kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak orang, diantaranya peserta didik (siswa), pendidik, administrator, masyarakat, dan orang tua. Psikologi memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan, di antranya terhadap pengembangan kurikulum, system pembelajaran, dan system penilaian. Adapun kegunaan psikologi pendidikan adalah sebagai berikut: Mencapai pendidikan yang efektif Menumbuhkan pengertian yang tepat Menimbulkan rasa senang dalam belajar Mem...