Judul Buku ; Psikologi Pendidikan
Pengarang : Dr. H. Mahmud, M.Si.
Penerbit : Pustaka Setia
Tahun Terbit : 2010
Kota Terbit : Bandung
Tebal Buku : 376
ISI BUKU
Dalam bahasa Indonesia, kata psikologi merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “psiko" dan “logi”. Psiko berasal dari kata psyche dan logi berasal dari kata logos. Psyche berarti jiwa sedangkan logos berarti ilmu. Pemaknaan secara bahasa memberikan pemahaman bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari sesuatu yang bersifat abstrak, yaitu jiwa. Pendidikan merupakan kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak orang, diantaranya peserta didik (siswa), pendidik, administrator, masyarakat, dan orang tua.
Psikologi memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan, di antranya terhadap pengembangan kurikulum, system pembelajaran, dan system penilaian. Adapun kegunaan psikologi pendidikan adalah sebagai berikut:
Mencapai pendidikan yang efektif
Menumbuhkan pengertian yang tepat
Menimbulkan rasa senang dalam belajar
Memengaruhi sikap siswa
Sebagian psiklog menganggap bahwa manusia adalah makhluk yang berkeinginan. Pandangan ini dipegang oleh aliran psikonalis yang melukiskan manusia sebagai makhluk yang digerakkan oleh keinginan-keinginan terpendam. Psikolog lainnya menganggap bahwa manusia adalah makhluk mesin. Pandangan ini dipegang oleh aliran behaviorisme yang menyatakan bahwa manusia adaah makhluk pada ilmu politik.
Komponen-komponen utama proses pendidikan adalah belajar, berpikir, mengingat, dan pengetahuan. Belajar adalah suatu proses yang dilkaukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secraa keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Self merupakan salah stau aspek sekaligus kepribadian seseorang, yang di dalamnya meliputi segela kepercayaan, sikap, perasaan, dan cita-cita. Self terbagi dalam dua bagaian, yaitu: self sebagai objek yang diamati dan self sebagai agen yang meaksanakan pengamatan. Self hanya bisa dimengerti melalui interaksi dengan lingkungan. Self dibangun berdasarkan pandangan orang yang bersangkutan dan pandangan orang lain. Unsure self terdiri dari tiga hal, yaitu: perceived self, real self, dan ideal self.
Kepribadian adalah organisasi dinamis dalam diri seseorang sebagai system psikofisik yang menentukan dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dan bersifat unik. Makna pening kepribadian adalah penyesuaian diri, ketegangan emosional, frustasi dan konflik, serta memelihara keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan tersebut dan norma lingkungan.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ISI BUKU
Kelebihan Buku
Buku Psikologi Pendidikan dari H. Mahmud, memiliki cover buku yang sederhana namun elegan yang membuat rasa ingin tahu pembaca buku terarik untuk melihat dan membacanya. Isi yang disampaikan penulis juga mudah dipahami. Bahasa yang dipakai lebih cenderung memakai bahasa sehari-hari sehingga dapat memudahkan agar pembaca memahami isi buku.
Isi yang disampaikan pada buku Psikologi Pendidikan dar H. Mahmud ini juga sangat detail dan banyak mengemukakan pendapat-pendapat para ahli psikologi sehingga lebih menambah wawasan pembaca. Buku ini sangat cocok digunakan sebgai buku pembimbing atau buku pegangan mahasiswa , hal ini dikarenakan isi atau materi yang terkandung didalamnya tersusun secra sitematis yang memudahkan mahasiswa untuk memahami materi yang dibahas. Buku ini juga dilengkapi bebrapa gambar yang dapat menarik minat untuk membacanya.
Kekurangan Buku
Pada dasarnya buku ini hampir tidak memiliki kekurangan, namun pada bagian awal bab tidak terdapat indikator yang membantu mahasiswa mencapai kompetensi ajarnya. Selain itu tidak dicantumkan rangkuman pada akhir bab, karena rangkuman snagat membantu mahasiswa dalam meringkas ulang apa isi dari materi yang ada.
Pada bagian akhir juga tidak terdapat latian yang diberikan untuk penguasaan mahasiswa yang berguna untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa mengenai materi yang dibahas sebelumya sehingga mahasiswa dapat lebih memahami makna materi yang dipaparkan.
RELEVANSI DENGAN TUGAS GURU BIOLOGI
Relevansi psikologi pendidikan dengan tugas guru biologi yaitu sebagai berikut:
Sama- sama berhubungan dengan pendidikan
Mempelajari kehidupan manusia yang kompleks
Saling membantu dalam mempelajari sifat atau bakat
Saling mengetahui perubahan sikap individu
Sama-sama berhubungan dengan peserta didik
Sama-sama berubungan dengan persepsi manusia
Memiliki objek formal
Sama sama mempelajari kejiwaan individu
Sama-sama berhubungan dengan manusia
Berhubungan dengan perilaku
Nilai psikologi dapat ditinjau dari sudut pandang biologi
Sikap berhubungan dengan biologi dan psikologi
Berhubungan dengan keturunan dalam psikologi
Itulah beberapa relevansi psikologi pendidikan dengan tugas guru biologi.
Komentar
Posting Komentar