Langsung ke konten utama

Critical Journal International Review

Tugas Mandiri Kedua (Tugas Report) Review Jurnal PSIKOLOGI PENDIDIKAN THE EFFECT OF FAIRYTALE INTERACTIVE METHOD FOR IMPROVING THE HONEST CHARACTER ON CHILDREN AGES 7-8 YEARS OF ELEMENTARY STUDENTS AT MIS MUTIARA AULIA DELI SERDANG DISTRICT OF NORTH SUMATERA Sumber jurnal www.iosrjournals.org Disusun Sebagai Salah Satu tugas Mandiri Yang Diwajibkan Dalam mengikuti perkuliahan PSIKOLOGI PENDIDIKAN Oleh, SEBY ANJELLA 0310183147 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA TAHUN 2019 KATA PENGANTAR Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan kita kesempatan, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas CJR ini. Tugas ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan dengan Dosen Pembimbing Dr.Mardianto,M.pd ,Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu saya dalam menyusun tugas ini. Penulis juga berharap semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Saya menyadari bahwa penulisan critical jurnal review ini banyak kesalahan. Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan dari para pembaca guna untuk meningkatkan dan memperbaiki pembuatan tugas yang lain dan pada waktu mendatang. Medan, 15 Mei 2019 Penulis Seby Anjella DAFTAR ISI KATA PENGANTAR 2 DAFTAR ISI 2 PENDAHULUAN 2 a.Latar belakang 2 RINGKASANJURNAL a. Identitas jurnal 2 b. Ringkasan jurnal 3 b.1 Pendahuluan 3 b.2 Kajian teori 3 b.3 Metodologi penelitian 3 b.4 Pembahasan 4 KESIMPULAN DAN SARAN 4 PENDAHULUAN Latar belakang Anak-anak diusi muda sangat berpotensi untuk dididik, pendidikan yang dilakaukan di rumah atau sekolah harus menanamkan nilai-nilai karakter yang baik, salah satu karakter yang harus ditanamkan pada anak-anak sekolah dasar adalah jujur! Perilaku, salah stau metode yang dianggap membentuk perilaku jujur adalah dengan menerapkan metode dongeng. RINGKASAN JURNAL Identitas jurnal Judul : The Effect Of Fairytale Interactive Method For Improving The Honest Character On Chldren Ages 7-8 Years O Elementary Students At Mis Mutiara Aulia Deli Serdang District O North SUMATERA e-ISSN : 2279-0837 p-ISSN : 2279-0845 Volume : 20 Penulis : Dr. Mardianto, M.Pd Lembaga penulis : International Organization of Scientific Research Lembaga penerbit : IOSR Jurnal No : 2 Jumlah Halaman : 2 – 9 halaman Ringkasan jurnal Pendahuluan Penanaman nilai karakter jujur sangat membutuhkan pengalaman pengetahuan tentang apa yang disebut benar dan salah. Metode fairytale adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan karakter yang jujur anatar Tuhan, diri sendiri dan orang lain. Kajian teori Dongeng adalah cerita pendek sastra lisan kolektif. Selanjutnya, kisah dongeng orang-orang yang tidak dianggap prosa benar-benar terjadi. Dongeng menggambarkan kebenarang, berisi pelajaran atau bahkan sindiran. Metodologi penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan tindakan kelas dengan menggunakan analisis kualitatif yang menggambarkan pengaruh sebenarnya bagaimana sebenarnya metode bercerita interaktif dalam meningkatkan karakter jujur pada siswa usia 7-8 tahun di sekolah dasar MIS Mutiara Aulia Deli Kabupaten Serdang.. Pembahasan Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka sekolah dasar memiliki peran sangat penting dalam menentukan karakter jujur bagi siswa. Metode yang digunakan yaitu metode interaktif dongeng adalah metode yang sangat baik untuk membangun nilai karakter jujur pada siswa sekolah dasar MIS Mutiara Aulia. KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan yaitu metode interaktif dongeng adalah metode yang sangat baik untuk membangun nilai karakter jujur pada siswa sekolah dasar MIS Mutiara Aulia. Saran Jurnal ini sudah baik namun ada baiknya penulis menambahkan kekurangan pada jurnal ini agar jurnal ini menjadi lebih baik lagi. Link jurnal https://scholar.google.co.id/scholar?user=cSERIRV4AAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dviw_citation%26hl%3Did%26user%DcSRIRV4AAAAJ%26citation_for_view%3DcSRIRV4AAAAJ%3AY0pCki6q_DkC%26tzom53D-420

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meme psikologi Pendidikan

Critical Journal National Review

Tugas Mandiri Kedua (Tugas Report) Review Jurnal PSIKOLOGI PENDIDIKAN HUBUNGAN ANTARA SIKAP,KEMANDIRIAN BELAJAR,DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA Sumber jurnal BIOEDUKATIKA Disusun Sebagai Salah Satu tugas Mandiri Yang Diwajibkan Dalam mengikuti perkuliahan PSIKOLOGI PENDIDIKAN Oleh, SEBY ANJELLA 0310183147 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA TAHUN 2019 KATA PENGANTAR Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta`ala yang masih memberikan kita kesehatan sehingga dapat menyelesaikan tugas critical jurnal review ini. Tugas ini dibuat untuk memenuhi salah satu mata kuliah Psikologi Pendidikan dengan Dosen Pembimbing Dr. Mardianto, M.Pd, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam menyusun tugas ini. Saya menyadari bahwa banyak kesalahan dalam penulisan critical jurnal review ini. Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran yang membangu...

Critical Book Review 2

Judul Buku ; Psikologi Pendidikan Pengarang : Dr. H. Mahmud, M.Si. Penerbit : Pustaka Setia Tahun Terbit : 2010 Kota Terbit : Bandung Tebal Buku : 376 ISI BUKU Dalam bahasa Indonesia, kata psikologi merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “psiko" dan “logi”. Psiko berasal dari kata psyche dan logi berasal dari kata logos. Psyche berarti jiwa sedangkan logos berarti ilmu. Pemaknaan secara bahasa memberikan pemahaman bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari sesuatu yang bersifat abstrak, yaitu jiwa. Pendidikan merupakan kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak orang, diantaranya peserta didik (siswa), pendidik, administrator, masyarakat, dan orang tua. Psikologi memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan, di antranya terhadap pengembangan kurikulum, system pembelajaran, dan system penilaian. Adapun kegunaan psikologi pendidikan adalah sebagai berikut: Mencapai pendidikan yang efektif Menumbuhkan pengertian yang tepat Menimbulkan rasa senang dalam belajar Mem...