Tugas Mandiri Kedua
(Tugas Report)
Review Jurnal PSIKOLOGI PENDIDIKAN
THE EFFECT OF FAIRYTALE INTERACTIVE METHOD FOR IMPROVING THE HONEST CHARACTER ON CHILDREN AGES 7-8 YEARS OF ELEMENTARY STUDENTS AT MIS MUTIARA AULIA DELI SERDANG DISTRICT OF NORTH SUMATERA
Sumber jurnal www.iosrjournals.org
Disusun Sebagai Salah Satu tugas Mandiri Yang Diwajibkan
Dalam mengikuti perkuliahan PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Oleh,
SEBY ANJELLA
0310183147
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
TAHUN 2019
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan kita kesempatan, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas CJR ini. Tugas ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan dengan Dosen Pembimbing Dr.Mardianto,M.pd ,Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu saya dalam menyusun tugas ini. Penulis juga berharap semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Saya menyadari bahwa penulisan critical jurnal review ini banyak kesalahan. Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan dari para pembaca guna untuk meningkatkan dan memperbaiki pembuatan tugas yang lain dan pada waktu mendatang.
Medan, 15 Mei 2019
Penulis
Seby Anjella
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 2
PENDAHULUAN 2
a.Latar belakang 2
RINGKASANJURNAL
a. Identitas jurnal 2
b. Ringkasan jurnal 3
b.1 Pendahuluan 3
b.2 Kajian teori 3
b.3 Metodologi penelitian 3
b.4 Pembahasan 4
KESIMPULAN DAN SARAN 4
PENDAHULUAN
Latar belakang
Anak-anak diusi muda sangat berpotensi untuk dididik, pendidikan yang dilakaukan di rumah atau sekolah harus menanamkan nilai-nilai karakter yang baik, salah satu karakter yang harus ditanamkan pada anak-anak sekolah dasar adalah jujur! Perilaku, salah stau metode yang dianggap membentuk perilaku jujur adalah dengan menerapkan metode dongeng.
RINGKASAN JURNAL
Identitas jurnal
Judul : The Effect Of Fairytale Interactive Method For Improving The Honest Character On Chldren Ages 7-8 Years O Elementary Students At Mis Mutiara Aulia Deli Serdang District O North SUMATERA
e-ISSN : 2279-0837
p-ISSN : 2279-0845
Volume : 20
Penulis : Dr. Mardianto, M.Pd
Lembaga penulis : International Organization of Scientific Research
Lembaga penerbit : IOSR Jurnal
No : 2
Jumlah Halaman : 2 – 9 halaman
Ringkasan jurnal
Pendahuluan
Penanaman nilai karakter jujur sangat membutuhkan pengalaman pengetahuan tentang apa yang disebut benar dan salah. Metode fairytale adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan karakter yang jujur anatar Tuhan, diri sendiri dan orang lain.
Kajian teori
Dongeng adalah cerita pendek sastra lisan kolektif. Selanjutnya, kisah dongeng orang-orang yang tidak dianggap prosa benar-benar terjadi. Dongeng menggambarkan kebenarang, berisi pelajaran atau bahkan sindiran.
Metodologi penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan tindakan kelas dengan menggunakan analisis kualitatif yang menggambarkan pengaruh sebenarnya bagaimana sebenarnya metode bercerita interaktif dalam meningkatkan karakter jujur pada siswa usia 7-8 tahun di sekolah dasar MIS Mutiara Aulia Deli Kabupaten Serdang..
Pembahasan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka sekolah dasar memiliki peran sangat penting dalam menentukan karakter jujur bagi siswa. Metode yang digunakan yaitu metode interaktif dongeng adalah metode yang sangat baik untuk membangun nilai karakter jujur pada siswa sekolah dasar MIS Mutiara Aulia.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan yaitu metode interaktif dongeng adalah metode yang sangat baik untuk membangun nilai karakter jujur pada siswa sekolah dasar MIS Mutiara Aulia.
Saran
Jurnal ini sudah baik namun ada baiknya penulis menambahkan kekurangan pada jurnal ini agar jurnal ini menjadi lebih baik lagi.
Link jurnal https://scholar.google.co.id/scholar?user=cSERIRV4AAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dviw_citation%26hl%3Did%26user%DcSRIRV4AAAAJ%26citation_for_view%3DcSRIRV4AAAAJ%3AY0pCki6q_DkC%26tzom53D-420
Komentar
Posting Komentar